5 Losion Alami Untuk Cegah DBD dan Virus Virus Zika

Mencegah Demam Berdarah Dengue dan virus Zika yang mulai muncul di beberapa wilayah di Indonesia ternyata dapat dimulai dengan penggunaan losion anti nyamuk alami.

"Losion anti nyamuk mengandung bahan aktif, seperti DEET dan picaridin, yang telah terdaftar di EPA, dianggap aman bagi ibu hamil dan menyusui," kata The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di situsnya.

Meski relatif aman untuk digunakan, pada dasarnya DEET tetaplah pestisida yang mengandung racun. Untuk itulah, tidak ada salahnya kita mencoba menggunakan 5 losion anti nyamuk berikut ini:


  • Citronella essential oil atau minyak sereh

Minyak ini diekstrak dari tanaman sereh, rumput yang tumbuh di beberapa negara Asia dan Pasifik Selatan. "Saya pribadi suka minyak sereh," ungkap pakar kesehatan perempuan Susan Lin, MD.

"Bekerja cukup efektif bila dioleskankan sering dengan jumlah yang memadai." Sementara minyak sereh adalah penolak nyamuk alami yang efektif, Lin menyarankan untuk menggunakan minyak berkualitas tinggi, bila sudah diencerkan. Pasalnya, versi buatan mungkin tidak bekerja sebaik yang alami.


  • Soybean oil atau minyak kedelai

Minyak ini efektif mengusir serangga, tetapi Brennecke mengatakan, bahwa hal itu perlu dipakai lebih sering dari beberapa jenis minyak lainnya, sekitar 1 jam sekali.

  • Minyak lemon eucalyptus

Minyak lemon eucalyptus adalah minyak nabati yang berasal dari daun pohon citriodora eucalyptus yang mengandung bahan kimia alami sebagai penolak nyamuk.

Ini adalah favorit Brennecke, karena perlindungan tahan lama dibandingkan dengan produk alami lainnya.

"Perlindungan dari serangga bisa bertahan hingga dua jam lebih sehingga Anda tidak perlu menerapkannya sesering produk sereh," katanya.

  • Minyak lavender

Minyak ini telah digunakan sebagai pengusir serangga, terutama nyamuk selama berabad-abad. Di masa lalu, itu digunakan untuk melindungi pakaian dari ngengat dan gangguan serangga lainnya. B

Biasanya, Anda disarankan untuk mencampurnya dengan minyak lain sehingga tidak mengiritasi kulit karena kandungannya yang tajam.

"Penggunaan konsentrasi tinggi dari produk ini bisa berbahaya bagi kulit," kata James.

  • Minyak rosemary

Minyak rosemary, yang diekstrak dari daun rosemary, masuk dalam beberapa pilihan penolak serangga alami.

Sayangnya, harga minyak alami ini relatif lebih mahal dari yang lain. Pilihan dengan harga yang lebih bersahabat ialah cedar bark oil atau minyak kulit kayu cedar.

Minyak esensial ini berasal dari dedaunan, kayu, dan akar pinus atau cemara. Seperti kedelai dan rosemary, agar efektif, minyak cedar harus sering diaplikasikan agar efektif menolak nyamuk.

0 Response to "5 Losion Alami Untuk Cegah DBD dan Virus Virus Zika"

Poskan Komentar