8 Makanan Untuk Mengatasi Bau Mulut

Menghilangkan bau mulut tidak bisa dilakukan dengan menggunakan obat kumur yang sering kita jumpai lewat iklan komersial saja. Makanan pengusir bau mulut pun bisa menjadi pilihan yang menarik.

Bau mulut bisa disebabkan beberapa faktor seperti dari makanan yang mengandung bawang, makanan pedas, makanan berbau amis, makanan yang banyak mengandung santan, atau mungkin karena malas menyikat gigi. Selain rajin menyikat gigi, kita bisa mengusir bau mulut dengan mengonsumsi beberapa makanan berikut:

1. Rempah segar
Seledri merupakan salah satu bahan makanan pencegah bau mulut yang terkenal, tapi tidak berarti bahwa obat herbal lainnya tidak efektif. Cilantro, spearmint, tarragon, rosemary dan rempah-rempah yang kaya klorofil lain semua bisa digunakan untuk melawan bau mulut. Kita dapat mengunyah atau dengan menyeduh ke dalam air panas dan meminumnya seperti teh.

2. Yogurt
Satu porsi harian yogurt terbukti mengurangi tingkat penyebab bau hidrogen sulfida dalam mulut, serta mengurangi bakteri yang tidak sehat. Studi lainnya menunjukkan penurunan penyakit plak dan gusi karena mengkonsumsi yogurt.

3. Apel dan wortel
Apel dan wortel dapat bekerja meningkatkan produksi air liur, kedua buah itu membantu menjaga mulut agar tetap terjaga kesegarannya.

Baca juga: 5 Hal Yang Membuat Buang Gas Menjadi Sangat Bau

4. Jahe
Jahe telah lama digunakan sebagai obat alami untuk sakit perut. Selain itu, jahe bisa digunakan untuk melawan bau mulut dengan cara memadukan dengan person lemon dan menyeduhnya seperti teh.

5. Teh hijau
Sementara asam dan enzim dalam kopi bisa membuat bau mulut, teh hijau dapat benar-benar mencegah bau mulut. Flavonoid dalam teh hijau mencegah bau mulut dan membantu menjaga bakteri berbahaya menempel pada gigi.

6. Fennel seeds
Fennel seeds atau kita kenal biji adas, telah dipercayai memperlancar pencernaan, namun juga dapat bekerja sebagai obat untuk mencegah bau mulut karena membantu menetralisir bau yang tidak menyenangkan. Seperti makanan renyah, biji tersebut mendorong produksi liur, yang membantu pembilasan bakteri. Minyak dari biji adas juga memiliki sifat antibakteri yang dapat melawan bau serta melawan kuman.

7. Air
Alasan lain untuk pencegahan bau mulut karena secara umum, air bertindak sebagai pembersih dan mendorong produksi air liur. Air membantu membersihkan mulut dari sisa makanan untuk mencegah bakteri berkembang.

8. Permen rendah gula
Permen karet atau permen rasa mint mungkin jadi solusi tercepat saat sehabis makan makanan yang berbau. Setidaknya perment mint membantu menghilangkan plak lembut. Pilihlah permen yang bersifat rendah gula. Karena permen mengandung banyak gula dapat menciptakan plak dan berbau mulut setelah habis dikunyah.

0 Response to "8 Makanan Untuk Mengatasi Bau Mulut"

Poskan Komentar